"KESULITAN AKAN MENJADIKAN KITA BIJAK, TAPI TIDAK AKAN MENJADIKAN KITA SEJAHTERA JIKA KITA TIDAK MENGGUNAKANNYA SEBAGAI PELAJARAN UNTUK MEMUDAHKAN KEHIDUPAN ORANG LAIN."

Senin, 12 Maret 2012

Sistem Pengendalian Manajemen Encyclopedia Britannica Inc. (EBI)


A.     RUMUSAN MASALAH
1.      Gambarkan strategi dan taktik EBI pada tahun 1990?
2.      Mengapa model bisnis perusahaan EBI begitu berhasil lebih dari 200 tahun?
3.      Mengapa cepat mengena model bisnis ini di awal tahun 1990-an (Bagaimana mengenanya model model bisnis ini?)
4.      Apakah EBI sebaiknya merespon/ menjawab berpindahnya Microsoft? Jika iya, bagaimana sebaiknya EBI menjawab & berikan alasannya kenapa?
5.      Sistem Pengendalian (control system) apa saja yang bisa Anda rekomendasikan kepada EBI sehingga perusahaan tersebut dapat memahami potensi untuk menambah model bisnisnya?
B.     LITERATUR
Fransisca, Roosiana, dkk. 2008. Sistem Pengendalian Manajemen. http://images.maksib07.multiply.multiplycontent.com/.../case%202-1,2,3.d...

C.    ANALISIS
1.      Gambarkan strategi dan taktik EBI pada tahun 1990?
EBI memperkenalkan serta menegaskan kembali reputasinya atau visinya sebagai pusat ilmu pengetahuan pertama. Dengan semboyan: “our brand represent material is authoritative and trustworthy.” Perusahaan tersebut berusaha untuk mempertahankan brand mereka dengan merilis ulang bahan material terbaik yang sudah diketahui memimpin dan dapat dipercaya. Ini berarti (brand image) EBI selalu menghadirkan materi atau isi yang terdepan dan terpercaya.
EBI menanamkan brand image yang kuat pada masyarakat akan keunggulan adanya encyclopedia ini di rumah yang akan memberikan pengetahuan yang berguna untuk masa disekolah maupun masa mendatang. EBI mendatangkan ilmuan-ilmuan terkemuka serta kaum terpelajar  yang akan memberikan nilai kepercayaan masyarakat dan meningkatkan nilai jual pasar.
Pemberian cap/stampel pada buku yang dijual, itu tanda bahwa buku itu adalah original, atau asli keluaran EBI. Pemberian stampel ini meningkatkan nilai jual dan merupakan kebanggaan bagi seseorang memiliki buku tersebut. Selanjutnya, Encyclopedia keluaran EBI pun menjadi standar bagi encyclopedia lain sehingga memantapkan posisi EBI sebagai encyclopedia terbaik.

2.      Mengapa model bisnis perusahaan EBI begitu berhasil lebih dari 200 tahun?
Karena EBI mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi yang terpercaya. EBI mampu beradaptasi dalam revolusi digital dengan mengembangkan informasi dalam bentuk audio visual (dalam bentuk CD) yang lebih menarik. EBI tetap mempertahankan kualitas informasi yang dijualnya, dengan merekrut para ilmuwan terkenal dan cendekiawan, termasuk Thomas Malthus, Sigmund Freud, dan Marie Curie, untuk berkontribusi dan menyewa seorang staf editorial untuk meng-update informasi setiap tahun. Selain itu, EBI mampu memahami segmen pelanggan yang dituju, yaitu dengan melirik para akademisi, pelajar, pendidik, dan perpustakaan.

3.      Mengapa cepat mengena model bisnis ini di awal tahun 1990-an (Bagaimana mengenanya model model bisnis ini?)
Karena model bisnis yang diterapkan oleh perusahaan ini adalah bagaimana caranya agar konsumen itu tidak sulit untuk mengakses suatu informasi, oleh karena itu di keluarkanlah ensiklopedia yang berbentuk CD-ROOM. Dengan munculnya hal itu dianggaplah sebagai suatu hal yang baru yang dapat membuat konsumen tertarik akan adanya suatu informasi yang berbentuk digital modern serta ramah lingkungan dan keingintahuan konsumen lebih besar dalam mencari suatu informasi. Oleh karena itu modern bisnis ini dengan cepat dan pesat membaur dalam masyarakat.

4.      Apakah EBI sebaiknya merespon/ menjawab berpindahnya Microsoft? Jika iya, bagaimana sebaiknya EBI menjawab & berikan alasannya kenapa?
Merespon tentang berpindahnya Microsoft, EBI menyatakan akan melaunching sebuah jasa internet baru pada www.britannica.com. Eksekutif-eksekutif EBI mempertimbangkan 5 model harga pada internet sebagai berikut:
·        Harga langganan   : mengganti biaya tahunan untuk akses yang tidak dibatasi.
·        Harga meteran       : penggantian didasarkan pada waktu yang dihabiskan untuk menggunakan ensiklopedia.
·        Biaya jasa              : penggantian untuk beberapa riset atau laporan khusus yang diperlukan.
·        Harga line produk : produk pokok gratis tetapi mengganti biaya langganan untuk produk tambahan.
·        Harga ikatan          : menawarkan harga yang lebih murah ketika bermacam item dikumpulkan bersama.
Setelah mengevaluasi berbagai pilihan itu, EBI menyediakan akses gratis menyeluruh terhadap teks dan grafik. Situs ini juga menawarkan mesin pencari yang selektif dan terhubung pada website-website berkualitas tinggi.

5.      Sistem Pengendalian (control system) apa saja yang bisa Anda rekomendasikan kepada EBI sehingga perusahaan tersebut dapat memahami potensi untuk menambah model bisnisnya?
Sistem Pengendalian yang dapat dilakukan meliputi:
·        EBI mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi dan mencoba mengejar ketinggalannya dalam revolusi digital.
·        EBI tetap mempertahankan kualitas informasi yang dijualnya, dengan memberikan informasi yang bisa menjadi acuan dan paling terpercaya dibandingkan acuan lain. Misalnya dengan tetap memperhatikan detail kandungan isi informasi dan menyewa orang-orang yang ahli di bidang tertentu untuk turut memberikan materi.
·        EBI memahami daya beli pembeli dan memilih segmen pelanggan yang dituju (akademisi, pelajar, pendidik, perpustakaan).
·         EBI mengemas informasi yang disediakan dalam bentuk  tuk audio visual yang lebih menarik.

D.    KESIMPULAN
Encyclopedia Britannica Inc. (EBI) merupakan perusahaan tunggal yang bergerak di bidang penjualan informasi. Perusahaan ini berkomitmen untuk menyediakan informasi yang dapat dipercaya. Masalah muncul ketika hadir pesaing yang menyediakan produk substitusi dengan harga yang jauh lebih rendah. Hal ini mengganggu penjualan EBI dan perlu untuk membuat strategi baru. Strategi tersebut dapat dirumuskan setelah EBI menganalisis peluang, ancaman , keunggulan, dan kelemahan perusahaan dan menyusun strategi perusahaan dengan membandingkan peluang dengan kompetensi inti perusahaan. Strategi tersebut meliputi  mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi, mempertahankan kualitas informasi, memilih segmen pasar yang tepat serta mencoba mengejar ketinggalannya dalam revolusi digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar